SATU NUSA, SATU BANGSA DAN SATU BAHASA - INDONESIA

Memelihara Semangat Persatuan-Kesatuan - Nasionalisme - Patriotisme dan Jiwa Gotong-Royong

Indonesia Muda yang didirikan tahun 1930 merupakan organisasi pergerakan politik dengan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928.
Kebangkitan kembali organisasi Indonesia Muda tahun 1956 di Surakarta (embrio organisasi mulai terbentuk sejak tahun 1951 di Malang) masih tetap dengan semangat Sumpah Pemuda 1928, namun kiprahnya beralih di bidang olahraga dan kesenian.
Organisasi Sepakbola Indonesia Muda pada tahun 1956/1957 bermarkas di Salemba Tengah, Jakarta Pusat dan terdiri dari para pemain senior. Indonesia Muda Jakarta Selatan dibentuk sekitar tahun 1968 yang pada awalnya dibentuk untuk mewadahi potensi sepakbola anak usia 7 - 15 tahun atas gagasan dan upaya mantan Ketua Pengurus Besar Indonesia Muda Seluruh Indonesia (Almarhum Drs. Soerowo Abdoelmanap dan kawan-kawan). Sebelum tahun 1968 sampai sekitar tahun 1975 sudah ada kegiatan IM Basket, IM Bola Voli, IM Renang, IM Bowling, IM Paduan Suara, IM Tenis Meja, IM Tenis Lapangan, IM Korfbal dan IM Golf. Semua seksi olahraga dan kesenian pada waktu itu berkembang dan berjalan masing-masing, dimana fungsi cabang (yang berada di bawah naungan Pengurus Besar Indonesia Muda)
belum berfungsi optimal.


Wednesday 2 June 2010

Lambang Indonesia Muda

Dalam Anggaran Dasar (AD) Indonesia Muda Bab V Pasal 14 menyebutkan bahwa organisasi Indonesia Muda memiliki lambang organisasi. Hal tersebut lebih dirinci kembali di dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) Indonesia Muda Bab VII Pasal 42. Dalam pasal ini disebutkan bahwa setiap Cabang dan Seksi dalam organisasi Indonesia Muda wajib memliki bendera Indonesia Muda.

Bendera resmi Indonesia Muda berukuran 2,40 x 1,60 meter berwarna dasar putih dengan menempatkan lambang Indonesia Muda ditengah. Lambang Indonesia Muda adalah gambar sepasang sayap mengapit setangkai kuncup bunga. Di atas setangkai kuncup bunga terdapat tulisan "IM" dan pada tangkai kuncup bunga terdapat 3 buah lingkaran saling mengait. Di bawah sepasang sayap mengapit setangkai bunga teratai terdapat selempang pita bertuliskan "Indonesia Muda"(Lihat gambar).

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar Indonesia Muda (SKPBIM No.0028/PB-IM/10-4/1976) yang diputuskan di Jakarta tanggal 1 Juni 1976, antara lain menetapkan lambang yang telah ada menjadi lambang organisasi secara tetap. Sekaligus menetapkan bentuk dan warna lambang Indonesia Muda sebagai berikut. Lambang Indonesia Muda berwarna dasar putih; gambar sepasang sayap berwarna merah. Di antara kedua sayap terdapat setangkai kuncup bunga berwarna hijau. pada tangkainya terdapat tiga lingkaran berwarna merah. Di bawah sayap tercantum tulisan Indonesia Muda dalam sehelai pita, serta singkatan IM di atas kuncup bunga.

Warna dasar lambang putih melambangkan kesucian. Helai bulu sayap sebelah kanan berjumlah 8 bulu dan sebelah kiri berjumlah 9 bulu melambangkan angka 17 sebagai tanggal proklamasi kemerdekaan. Lekukan pada bagian dalam kedua sayap, masing-masing memiliki 4 lekukan yang penjumlahannya (8) merupakan bulan Agustus saat proklamasi kemerdekaan dilakukan. Warna merah sepasang sayap melambangkan semangat kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kedua sayap kokoh namun luwes sekaligus melambangkan dinamika pemuda/i dalam bidang kesenian. Setangkai kuncup bunga berwarna hijau memiliki 5 helai bunga dan 3 helai kelopak bunga. Lima helai bunga melambangkan kelima sila dalam Pancasila,tiga helai kelopak bunga melambangkan cita-cita Sumpah Pemuda. Tiga lingkaran berwarna merah melambangkan gerak dinamika pemuda/i dalam bidang olahraga.



Sejauh yang diketahui, lambang Indonesia Muda pasca kemerdekaan ini mulai resmi digunakan sejak tanggal 1 April 1956, saat kongres pertama Indonesia Muda dilaksanakan. Sementara kalau lambang Indonesia Muda pra-kemerdekaan yang didirikan 31 Desember 1930 (Foto kiri) bentuk lambang adalah sepasang sayap mengapit sebuah keris (ars@2010).

No comments: